Para Kepala Sekolah Tingkat SD Se-Yaswari KAK Wilayah Kupang Melakukan Pembekalan Koordinator Mata Pelajaran Penyusunan Kisi-kisi Soal Ujian Terpadu Semester Gasal Tahun Ajaran 2021/2022

 



Para kepala sekolah tingkat SD Se-Yaswari KAK menyelenggarakan pembekalan koordinator mata pelajaran penyusunan kisi-kisi dan soal ujian terpadu Gasal Tahun Ajaran 2021/2022. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu (8/14).

Rapat pembekalan yang digelar di Aula Kantor pusat Yaswari dibuka pada pukul 09.30 Wita dan dipimpim oleh bapak John Keso (Ketua Panitia Kegiatan). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut keputusan dari evaluasi pada pertemuan sebelumya tentang Evaluasi Ujian Terpadu Semester Genap.  

Pada kesempatan tersebut Pak John, sebagai ketua panitia kegiatan mengungkapkan, “bahwa soal ujian akan dibuat langsung oleh masing-masing sekolah-sekolah yang bersangkutan. Sehingga dengan adanya kegiatan ini tim pembuat soal diharapkan sudah memiliki bekal lebih untuk dapat membuat soal sesuai dengan mutu standar yang dicanangkan. Pak John juga menambahkan, para kepala sekolah haruslah lebih teliti dalam mengawasi para guru dalam menyusun soal agar tidak mendownload soal-soal yang telah ada dari internet. Pak John, berharap jikalau semua menyesuaikan kisi-kisi, maka kedalaman soal akan sama, walau dibuat oleh orang yang berbeda, di tempat yang berbeda.”

Sementara itu, Pak Marianus Maring (Plh. Kabid Kurikulum) Yayasan Swastisari Kupang, menyampaikan bahwa jika dalam menyusun soal jangan lepas dari kisi-kisi. Penyusunan soal harus mengacu kisi-kisi ini, jadi tidak melenceng dari kurikulum.“Manfaat kisi-kisi adalah sebagai pedoman untuk pembuatan soal yang akan disusun, jangan dibalik, soal dulu baru kisi-kisi. Dengan kisi-kisi ini Penulis soal akan menghasilkan soal yang sesuai dengan tujuan pembuat soal. Ungkap pak Marianus.

“Nantinya soal dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu soal tingkat mudah, sedang dan sulit. Pembuatan soal harus diawali dengan pembuatan kisi-kisi soal. Kisi-kisi soal tersebut memuat materi yang akan diuji, indikator yang akan dicapai, kompetensi, tingkat kesukaran soal dan jumlah butir soal.Selain itu, tim pembuat soal juga harus membuat kartu soal dan selanjutnya barulah membuat soal yang akan diujikan,” tambah Pak Marianus berkaitan dengan alur penyusunan soal. Pak Marianus juga berharap dalam Pelaksanaan ujian terpadu untuk semester berikutnya, kiranya dapat mencakup semua mata pelajaran.”

“Melalui kegiatan pembekalan ini, ketua panitia kegiatan berharap dalam menyukseskan kegiatan ini, haruslah ada pengorbanan dari setiap peserta yang terlibat. Sehingga dapat mewujudkan  sistem yang hebat dan bermartabat demi memajukan sekolah-sekolah tingkat SD Se-Yaswari KAK.

page