Gerakan Bersama Literasi Dan Publikasi (GEBRAK) Sebagai Upaya Mendukung Program Literasi Pemerintah

 

 

Pada hari Sabtu (31/07/2021) bertempat di  halaman SMP  Katolik St. Yosep Naikoten diadakan pertemuan sebagai bentuk dukungan dalam melaksanakan program peningkatan mutu pendidikan sekolah melalui literasi yang dicanangkan Pemerintah, Sekretaris Eksekutif Yayasan Swasti Sari Keuskupan Agung Kupang, RD. Arkadius Manek, Pr memediasi pertemuan Gerakan Bersama Literasi dan Publikasi (GEBRAK).

Dalam pertemuan tersebut dipimpin langsung oleh RD. Arkadius Manek, Pr dan dihadiri oleh tim GEBRAK SMA Katolik Giovanni Kupang, kepala dan staf guru SMPK St. Yosep Naikoten, SMPK Adisucipto Penfui, SDK St. Yosep 3 dan pembina SMA Seminari St. Rafael Oepoi Kupang.

              Romo Arki mengungkapkan, “literasi adalah sebuah proses untuk memperoleh pengetahuan dan kecakapan. Literasi media digital sebagai salah satu bagian dari literasi yang dapat dipelajari guna mengelola publikasi berbagai informasi terkait Pendidikan. Pemanfaatan media komunikasi digital perlu menjaga objektivitas, kebenaran dan kebaikan dari sebuah informasi yang hendak disampaikan. 

Literasi sesungguhnya telah dimulai dalam proses Pendidikan selama ini. Untuk itu kita perlu mengkristalkan gerakan-gerakan literasi yang sudah ada ke dalam satu gerakan bersama untuk menonjolkan hal-hal positif dari sekolah-sekolah YASWARI. Kita dituntut untuk menepis dan tidak terjerumus ke dalam berita-berita hoaks.”

Lebih lanjut, Romo Arki menjelaskan, “sebagai sebuah yayasan yang besar, dengan banyak sekolah yang bernaung di bawahnya, kita harus menciptakan satu media yang bisa dijadikan corong informasi. Media yang akhirnya menjadi sebuah wadah informasi tentang berbagai kebaikan yang telah kita lakukan di sekolah-sekolah”.

Pada kesempatan yang sama, RD. Amanche, Kepala SMPK St. Yoseph Naikoten menegaskan, "tentunya kita punya niat yang begitu besar untuk mengekspresikan diri. Permasalahannya bagaimana informasi yang kita sampaikan mendapatkan apresiasi. Sehingga bagus jika ada beberapa sekolah yang sudah memulai mempublikasikan informasi sekolahnya di media-media yang ada di sekolah. Saya mengajak kita untuk bersatu, menyamakan presepsi untuk membangun sebuah gerakan bersama.”

Harapan kedepannya gerakan literasi dan publikasi ini menjadi semangat untuk menyampaikan informasi faktual, aktual dan kredibel untuk membantu peserta didik dalam proses pembelajaran maupun masyarakat dalam mendapatkan informasi terkait pendidikan. 


page