Perpustakaan Keliling; Memotivasi Anak Kembangkan Minat Baca


Pada hari ini Kamis (29/8/2019) siswa-siswi SDK Don Bosko 1, dikunjungi perpustakaan keliling Dinas Kerarsipan dan Perpustakaan Kota Kupang.  Situasi  pagi itu berbeda  seperti hari lainnya. Anak-anak asyik memilih buku yang dipajangkan dalam mobil yang didesain menjadi perpustakaan mini. Ada sekitar 2000 judul buku yang disiapkan.  Anak-anak memilih judul sesuai dengan minatnya.
Kristian Manek salah seorang siswa yang bercita-cita menjadi romo ketika ditanya ; mengapa Kristian suka membaca buku? "Dengan membaca wawasan kita menjadi luas dan menambah ilmu pengetahuan. Di rumah juga saya senang membaca karena orang tua saya menyiapkan buku bacaan di rumah", jawabnya. Berbeda dengan temannya Nina. Nina juga senang membaca walaupun di rumah tidak ada buku bacaan. 
Kepala seksi perpustakaan mengomentari bahwa dia sangat puas dan gembira dengan anak-anak yang sangat antusias membaca.  Setiap hari kami mengunjungi satu sekolah. Ada beragam sikap anak dengan kegiatan ini. Ada yang sangat senang membaca, ada pula yang menggunakan kesempatan untuk bermain. Ada sekolah yang menyambut kami dengan senang, tapi ada juga yang kurang senang. Walaupun demikian kami terus berusaha agar anak diperkenalkan dengan buku sejak dini sehingga satu saat budaya membaca akan tercipta demi meningkatkan sumber daya manusia karena buku adalah jendela dunia, demikian tegasnya. (R.Riantoby).

page